4.23.2014

Trust no one




Nah, yang punya blog balik lagi nih. hehe :P


Di Facebook, aku ikut sebuah grup namanya Born in 90s (1990-1999). Jadi grup itu tuh yang ngelola orang India kayaknya. Di grup itu banyak di pos gambar-gambar. Gambar yang isinya jokes, nasehat, kenangan-kenangan waktu kita masih kecil, quotes tentang kehidupan.

Klo mungkin dibandingkan sama Indonesia, gak jauh beda kayak Meme Comic. Hanya saja, di grup yang aku sebut tadi itu mengandung jauh lebih banyak pelajaran tentang manusia, kehidupan dan lingkungan sekitar.

Dari seringnya aku baca postingan di grup itu,aku semakin tahu bagaimana dunia ini sesungguhnya berjalan. Dunia yang ternyata aku jalani saat ini, jauh berbeda dengan dunia yang dulu aku bayangkan saat masih di SMP-SMA.


Dulu aku berpikir di dunia sudah diterapkan berbagai aturan-aturan untuk melindungi hak-hak manusia. Semua orang berusaha menaati dan sebagainya. Tapi semakin aku menjalani kehidupan ini, semakin aku tahu kalau sesungguhnya sebagian yang ada di dunia ini itu cuma bul**** (maaf kalau kata-kataku agak kasar). Tapi memang seperti itulah gambaran menurutku.

Orang-orang semua muncul dengan dua wajah, kayak topengnya Didi Nini Thowok.







Gambar itu aku dapat dari grup yang di Facebook tadi. 'Life is full of FAKE people. Trust no one'. Lihat gambar ilustrasinya. Seakan-akan dia ngajak jabat tangan, tapi dibalik itu dia nodong pistol. Betapa ironinya hidup ini.

Dulu waktu aku masih kelas 1 SMA, guru Matematika-ku pernah berkata begini : 'Kamu tidak pernah boleh percaya 100% sama orang. Kamu harus selalu ada rasa curiga sama seseorang, entah itu hanya 0.01% sekalipun'. Dulu aku bertanya-tanya, kenapa harus seperti itu? Apa kita juga tidak boleh 100% percaya sama orang tua kita sendiri?

Gambar diatas pernah aku pos ulang juga, terus ada temanku yang komentar seperti ini :
'if they say everything's fine, don't just trust them. Parents is the best liars in the world.'

Coba kalian pikir lagi, kata-kata diatas itu bener kan? Orang tua kebanyakan tidak memberitahukan keadaan yang sebernanya kepada anak-anaknya, karena mereka gak ingin kita mikir yang macem-macem, karena mereka ingin kita konsentrasi sama studi kita. Iya gak?

Jujur aja, dulu orang tuaku juga kayak gitu, tapi semakin aku dewasa, mereka sedikit demi sedikit menunjukan kebenarannya. Sebelumnya mereka selalu bilang 'semuanya baik-baik saja', tapi sebenarnya, mereka sama sekali gak baik-baik saja.

Bayangkan, kalau orang tua yang paling kalian sayangi di dunia ini saja bisa mengatakan yang tidak sebenarnya ke kalian, apalagi orang lain?

Quote itu sederhana banget kan? Tapi pelajaran yang dikasih itu bener-bener berharga. Dengan kalian berpikir seperti itu, kalian jadi lebih berhati-hati ke orang lain. Dan kemungkinan kalian ditipu orang lain juga akan lebih kecil.

Tahu lagunya Godbless yang Panggung Sandiwara? Pasti tahu dong.
Kalimat pertama di lagu itu apa?

Dunia ini panggung sandiwara

Itu kalimat yang sederhana tapi bermakna banget tau gak sih. Lirik itu tuh menggambarkan dunia banget gitu. Kalian tahu kan sandiwara itu apa? Iya, bener! Akting, pura-pura. Sebagian dunia ini tuh diisi sama ke-pura-pura-an. Bisa dihitung dengan jari orang yang benar-benar jujur apa adanya dari hati.

Dulu, waktu aku kelas 2 SMA, waktu itu pelajaran sejarah. Dan guru sejarahku ini terkenal killer banget. Tapi di akhir pelajaran, tiba-tiba beliau bernyanyi, 'Dunia ini panggung sandiwara'. Hanya itu, terus beliau tersenyum, dan meninggalkan kelas.

Semua anak yang di kelas ya langsung ngerasa aneh dong, 'Ini guru kenapa coba? kok tiba-tiba nyanyi gitu?'. Aku pun saat itu juga berpikir seperti itu. Tapi sekarang, aku coba pikirkan lagi. Guruku tadi itu gak semata-mata cuma pengen nyanyi doang, tapi beliau itu ingin mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati. Karena dunia ini tuh panggungnya sandiwara gitu, Life is full of fake people.

Sekarang, semakin kesini, aku mencoba mengingat pesan-pesan kehidupan yang disampaikan guru-guruku dulu. Pesan-pesan yang terlihat sederhana, namun sesungguhnya sangat bermakna. Semakin berhati-hati dalam menjalani hidup.

Bye, friend!

Hope you have a great life! :D




Nih, aku kasih bonus videonya Godbless-Panggung Sandiwara :)



0 comments:

Post a Comment