2.09.2017

9 Movie Recommendations

1.  Son of Saul (2015)

Son of Saul (Hungarian: Saul fia) is a 2015 Hungarian drama film directed by László Nemes and co-written by Nemes and Clara Royer.
Saul Ausländer is a Hungarian member of the Sonderkommando, the group of Jewish prisoners isolated from the camp and forced to assist the Nazis in the machinery of large-scale extermination. While working in one of the crematoriums, Saul discovers the corpse of a boy he takes for his son. As the Sonderkomando plans a rebellion, Saul decides to carry out an impossible task: save the child's body from the flames, find a rabbi to recite the mourner's Kaddish and offer the boy a proper burial.

2.  The Monuments Men (2014)


During World War II, the Nazis steal countless pieces of art and hide them away. Some over-the-hill art scholars, historians, architects and other experts form a unit to retrieve as many of the stolen masterpieces as possible. The mission becomes even more urgent when the team learns about Hitler's "Nero Decree," which orders destruction of the artworks if the Third Reich falls. Caught in a race against time, the men risk their lives to protect some of mankind's greatest achievements.

3.  Colonia (2015)
Colonia, also known as The Colony, is a 2015 historical romantic thriller film directed by Oscar-winner Florian Gallenberger, produced by Benjamin Herrmann, written by Torsten Wenzel and Gallenberger, and starring Emma Watson, Daniel Brühl, and Michael Nyqvist. The film is set against the backdrop of the 1973 Chilean military coup and the real "Colonia Dignidad", a notorious cult in the South of Chile, led by German lay preacher Paul Schäfer. The film is an international co-production of companies in Germany, Luxembourg, and France.

4.  What's Eating Gilbert Grape (1993)

What's Eating Gilbert Grape is a 1993 American drama film directed by Lasse Hallström and starring Johnny Depp, Juliette Lewis, Darlene Cates and Leonardo DiCaprio. The film follows 24-year-old Gilbert (Depp), a grocery store clerk caring for his morbidly obese mother and mentally impaired younger brother in a sleepy Midwestern town. Peter Hedges wrote the screenplay, adapted from his 1991 novel of the same name. The film was well-received; DiCaprio received his first Academy Award nomination for his role.

5.  The Shawshank Redemption (1993)

In 1946, a banker named Andy Dufresne (Tim Robbins) is convicted of a double murder, even though he stubbornly proclaims his innocence. He's sentenced to a life term at the Shawshank State Prison in Maine, where another lifer, Ellis Red Redding (Morgan Freeman), picks him as the new recruit most likely to crack under the pressure. The ugly realities of prison life are quickly introduced to Andy: a corrupt warden (Bob Gunton), sadistic guards led by Capt. Byron Hadley (Clancy Brown), and inmates who are little better than animals, willing to use rape or beatings to insure their dominance. But Andy does not crack: he has the hope of the truly innocent, which (together with his smarts) allow him to prevail behind bars. He uses his banking skills to win favor with the warden and the guards, doing the books for Norton's illegal business schemes and keeping an eye on the investments of most of the prison staff. In exchange, he is able to improve the prison library and bring some dignity and respect back to many of the inmates, including Red.

6.  A Separation (2011)

When Nader (Payman Maadi), a bank employee, refuses to leave Tehran, his wife, Simin (Leila Hatami) sues for divorce in the hope that she can make a better life for their young daughter abroad. Needing someone to care for his senile father while he's at work, Nader hires Razieh (Sareh Bayat), a married woman whose chador hides her pregnancy. One day, after becoming angry with Razieh, Nader shoves her, and she has a miscarriage, leading Razieh's husband to take Nader to court. 

7.  300 (2006)

The plot of 300 revolves around King Leonidas (Gerard Butler), who leads 300 Spartans into battle against the Persian "god-King" Xerxes (Rodrigo Santoro) and his invading army of more than 300,000 soldiers. As the battle rages, Queen Gorgo (Lena Headey) attempts to rally support in Sparta for her husband. The story is framed by a voice-over narrative by the Spartan soldier Dilios (David Wenham). Through this narrative technique, various fantastical creatures are introduced, placing 300 within the genre of historical fantasy.

8.  Troy (2004)

Troy is a 2004 American epic adventure war film written by David Benioff and directed by Wolfgang Petersen. The film features an ensemble cast led by Brad Pitt, Eric Bana, and Orlando Bloom. It is loosely based on Homer's Iliad, though the film narrates the entire story of the decade-long Trojan War - condensed into little more than a couple of weeks - rather than just the quarrel between Achilles and Agamemnon in the ninth year. Achilles leads his Myrmidons along with the rest of the Greek army invading the historical city of Troy, defended by Hector's Trojan army. The end of the film (the sacking of Troy) is not taken from the Iliad, but rather from Virgil's Aeneid as the Iliad concludes with Hector's death and funeral.

9.  Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven is set during the Crusades of the 12th century. A French village blacksmith goes to aid the Kingdom of Jerusalem in its defence against the Ayyubid Muslim sultan Saladin, who is battling to reclaim the city from the Christians leading to the Battle of Hattin. The film script is a heavily fictionalised portrayal of the life of Balian of Ibelin (ca. 1143–93).

So, that's my movie recommendation. If you want to see my another movie recommendation, you can see it here.
Or if you are interested with Korean Drama, you can see my recommendation here.

See ya! ^_^

5.12.2016

Rekomendasi Drama Korea Terbaik

Sebelumnya aku udah pernah posting rekomendasi untuk film-film yang menurutku bagus (Rekomendasi Film-Film Terbaik). Nah, karena aku juga suka nonton drama korea, kali ini aku bakal memberikan rekomendasi drama-drama korea terbaik menurutku ^^

1. Bridal Mask (Gaksital)

Sampai saat ini, Bridal Mask ini merupakan drama tebaik yang pernah aku tonton. Jalan ceritanya benar-benar tak terduga, menyakitkan, mengejutkan, keren lah pokoknya.

2. Reply 1988

Reply 1988 ini merupakan salah satu seri dari 3 seri Reply (1994, 1997, 1988). Sejujurnya aku juga belum pernah nonton seri Reply yang lain, tapi entah kenapa setelah nonton Reply 1988 aku udah gak berminat nonton seri Reply yang lain.
Drama ini benar-benar berbanding terbalik sama Bridal Mask. Drama ini menyuguhkan cerita yang sangat ringan tentang kehidupan sehari-hari. Tentang keluarga, persahabatan, romance. Benar-benar ringan dan sangat menghibur.
Buat kalian yang lagi stres dan pengen cari hiburan, aku rekomendasikan nonton drama ini.

3. Descendants of the Sun

Siapa sih yang gak tahu drama yang satu ini? Drama paling populer tahun ini hehehe...
Drama ini tuh menurutku berada diantara Bridal Mask dan Reply 1988. Ada adegan yang bikin tegang gak karuan dan ada banyak juga adegan yang bikin senyum-senyum sendiri kayak orang gila. Ditambah juga visual pemeran utamanya yang gak bikin bosen hehehe...

4. King 2 Hearts

Drama ini bisa dibilang udah agak lama, karena rilis di tahun 2012 dan selesai di tahun yang sama. Ini drama yang sangat menyesakkan jiwa. Terutama endingnya. Entah berapa kali udah ngulang nonton drama yang satu ini, tapi akhirnya tetap mewek juga T.T

5. Doctor Stranger

Kalau untuk jalan cerita dari drama ini, sebenarnya aku kurang suka. Tapi yang bikin aku mengapresiasi drama ini adalah, drama ini niat banget bikinnya. Menceritakan tentang dokter spesialis bedah jantung, banyak adegan yang dilakukan di ruang operasi dan tentu saja sedang mengoperasi jantungnya manusia. Dan itu benar-benar aku kasih jempol deh...

Nah, sampai situ dulu ya rekomendasi dramanya. Lain kali kalau ada drama yang bagus lagi, list nya bakal diperbarui..
Thank you ^^

5.04.2016

Bridal Mask vs Descendants of the Sun


Kontroversial sekali ya judulnya... hehehe...
Nah disini aku pengen membahas dua drama dari KBS yg emang patut diacungi jempol.

Yang pertama, Gaksital, atau versi bahasa inggrisnya Bridal Mask. Ini tuh drama yang settingnya Korea pada tahun 1930an pada jaman Korea masih diduduki sama Jepang. Aku gak perlu ceritain alurnya kayak gimana, kalian bisa cari sinopsisnya dimana-dimana.

Sampai saat ini, Bridal Mask ini menurutku adalah drama terbaik yang pernah aku tonton. Kenapa? Karena aku menilai drama ini tuh total banget deh pokoknya. Mulai dari pemainnya, settingnya, sampai soundtracknya. Aku suka banget sama ceritanya.

Dulu waktu pertama kali nonton drama ini, aku gak sanggup nyelesaikan, jadi drama ini terabaikan selama beberapa bulan, karena emang berat banget dramanya menurutku. Sampai akhirnya aku punya waktu dan memutuskan buat lanjutin drama ini.


Bridal Mask ini emang drama yang berat. Nguras mental, nguras emosi, episodenya juga lumayan panjang, tapi benar-benar terbayarkan. Yang paling berkesan di drama ini tuh endingnya. Bener-bener deh pokoknya. Aku gak pernah nyangka kalo pada akhirnya pemeran ceweknya bakal meninggal. Bener-bener diluar dugaan. Soalnya biasanya tipikal drama Korea kan hidup bahagia selamanya gitu. Terus juga banyak banget karakter yang terbunuh disini. Jadi rasanya tuh realistis lah. Gak terlalu mengada-ada.

Dan yang kedua, Descendant of the Sun...
Siapa sih yang gak tahu drama yang satu ini? hehehe
Para pecinta drama Korea udah pasti lah tahu, udah pasti lah nonton. Temen-temenku yang awalnya sama sekali gak minat sama yang namanya drama aja, akhirnya ikut-ikutan nonton juga.

Cerita tentang Captain Yoo Si Jin sama Dokter Kang Mo Yoen ini memang berhasil dikemas dengan sangat menarik. Terutama di episode-episode awal. Drama ini benar-benar bisa bikin senyum-senyum gak jelas sendiri. Bener-bener berbeda deh cara ngemasnya. Kedua karakter utamanya sering sepik-sepik gitu, jadinya lucuuu hehehe...


Semakin kebelakang episodenya mulai agak serius, mulai banyak masalah. Satu lagi yang aku suka dari drama ini tuh pakaian yang dipakek. Gak aneh-aneh soalnya. Santai banget. Jadi pengen ikutan niru gaya pakaiannya Kang Mo Yoen deh hwehehehe...

Tapi yang bener-bener disayangkan drama ini tuh adalah endingnya. Ya, mungkin banyak yang kurang suka sama endingnya. Dimana Yoo Si Jin yang dipikir udah tewas dalam tugas, ternyata masih hidup dan tiba-tiba muncul di tengah gurun. Terus penutupnya Onew yang seakan-akan ngomong sama penonton pun, menurutku seharusnya gak usah aja.

Jadi...
Kalau dilihat dari keseluruhan cerita, Bridal Mask jauh lebih bagus menurutku.
Tapi kalau dilihat secara detailnya, Descendants of the Sun yang bagus.

Kalau kalian pengen lihat drama yang berat, yang serius, drama yang benar-benar menguras mental dan emosi, aku merekomendasikan Bridal Mask.
Tapi kalau pengen nonton drama yang ringan, yang menarik, yang menghibur, yang berbeda. Aku sangat merekomendasikan Descendants of the Sun.

Tinggal kalian suka model drama yang kayak gimana ^^

4.03.2016

Memories: MTV Ampuh



Ceritanya lagi muter lagu-lagu lawas di YouTube dan tiba-tiba kangen banget sama acara musik yang satu ini --> MTV Ampuh

Dulu acara ini booming banget waktu aku jaman-jaman kelas 6 SD. Biasanya pulang sekolah aku bakal langsung lari pulang ke rumah buat nonton MTV Ampuh. Belain nonton VJ nya bacain chart musik dan paling senang kalau pas cuplikan Bukan Permainan-nya Gita Gutawa ditampilin. Gak begitu peduli dia chartnya naik atau turun, yang penting bisa liat cuplikannya.

Dan seneng banget waktu Bukan Permainan ada di posisi pertama. Soalnya kalo di posisi pertama pasti diputer full MV nya.

Beberapa lagu yang benar-benar berkesan di MTV Ampuh tuh....

Gita Gutawa - Bukan Permainan
 

 Sherina - Sendiri

Letto - Permintaan Hati

 Letto - Sebelum Cahaya

Yovie & Nuno - Menjaga Hati

Peterpan - Menghapus Jejakmu

Kerispatih - Mengenangmu

The Rock - Munajat Cinta

Sayang banget sekarang gak ada acara musik yang bener-bener emang isinya tentang musik. Tentang tangga lagu, ada artis yang ngeluarin lagu baru, apapun yang emang inti acaranya tentang musik.

Jadi pengen balik ke masa lalu, nonton MTV Ampuh lagi ^^

3.25.2016

Rekomendasi Film-Film Terbaik

Hai haaiii....
Udah luamaaaa banget gak pernah nulis lagi. Untuk comeback(?) nulis kali ini, aku pengen rekomandasi film-film yang menurutku keren abis. Check this out ----->


1.  The Last Samurai

Aku gak akan banyak cerita soal film ini. Kalian bisa cari sinopsisnya di Google atau apapun. Tapi aku cuma mau bilang kalo ini adalah film terkeren yang pernah tak lihat. Jalan ceritanya bagus. Pesannya juga bagus banget. Terutama apa yang dikatakan sama Kaisar Jepang di akhir-akhir film. Dan dijamin ini bukan cerita kayak opera sabun atau romance gak jelas. Siapkan hatimu kalau mau nonton film ini.

Ini film yang paling pengen aku rekomendasikan, makanya aku taruh no 1.

2.  3 Idiots



Kedua.. Ini adalah film yang bisa menggambarkan kehidupan mahasiswa teknik yang sesungguhnya. Aku yang seorang mahasiswa teknik merasa benar-benar terwakili sama film ini.

Selama ini kebanyakan film yang ada latar kampusnya menurutku cuma bisa menggambarkan pas bagian senangnya aja. Pas istirahat, makan di kantin, pacaran, de el el. Tapi film ini menyuguhkan realita yang sesungguhnya. Tentang tidak gampangnya untuk jadi seorang engineer, tentang ujian dan tugas yang gak karuan, tentang senioritas, tentang dosen, tentang orang tua, tentang persahabatannya juga. Kalo kalian mahasiswa teknik, wajib nonton ini film....

3.  Big Hero 6

Sesungguhnya aku bukan penyuka film kartun atau animasi model-model kayak gini. Tapi saat itu aku dipaksa temanku buat nonton film ini. Dan ternyata... Bagus reeekkk....
So Sweet banget.... Tentang, persaudaraan, persahabatan. Film yang bisa bikin terharu, tertawa, nangis terus ketawa lagi. Bagus deh pokoknya...

4.  You are the Apple of My Eye

Yang mau nostalgia tentang jaman-jaman SMA, aku rekomendasikan film ini. Satu hal yang paling aku suka tentang film ini tuh endingnya. Hidup gak selalu berjalan seperti yang kamu inginkan. Kamu harus bisa belajar melepas. Melepas seseorang yang kamu sayang untuk dia bisa bahagia.

5.  The Grand Budapest Hotel

Ini film yang menurutku lain daripada yang lain. Kalau dilihat secara visual, dari warna-warnya, dari pakaian yang dipakek, film ini tuh bisa dibilang film yang lucu karena pakek warna ungu, pink gitu-gitu. Tapi, ada banyak hal-hal yang tak disangka muncul di film ini yang bisa bikin teriak-teriak dan tutup mata. Bagus lah pokoknya...

6.  The Giver

Yang bagus tentang film ini tuh pesannya. Betapa kita harus bisa menghargai perbedaan. Film ini menunjukkan tentang dunia ketika perbedaan dihilangkan. Bagus....


Sekian dulu rekomendasi film dari aku. Enjoy watching ^^

3.12.2015

Niatnya Mau Ganti Tampilan Blog, Tapi.....

Blog ini dulu aku bikin pas aku masih duduk di bangku kelas 1 SMA. Sekarang aku udah semester 4. Udah hampir 5 tahun ya berarti.. Gak nyangka udah lama juga. Walaupun jarang banget ngeposting, tapi gak apa-apa lah, yang penting tetap ada isinya.

Nah, karena udah hampir 5 tahun, lama-lama aku bosen juga sama tampilan blogku ini. Jadi kemarin aku searching2 gitu kan, nyari-nyari templates blog yg cocok buat aku.

Nah, nemulah akhirnya di www.wix.com

Keren2 banget deh pokoknya disitu. Bisa diedit-edit juga sesuai keinginan. Ngeditnya gak pakek bahasa2 pemograman yg aku gak ngerti sama sekali. Langsung aja kayak ngedit di Microsft Word mungkin? Hehe...

Aku yg udah lama gak pernah wifi-an di kampus, sampek bela-belain balik ke kebiasaan lama ini. Nongkrong di jurusan sampek malem, demi ngedit template blog itu. Dan jadilah seperti ini:



Suka banget deh pokoknya sama tampilan yg itu.

Jadi aku tuh emang suka sama kata 'Fatamorgana'. Dan sampek aku bela2in nyari arti kata, filosofi sampek nyari-nyari puisi tentang fatamorgana. Dan dapetlah itu. Aku cuplik, aku taruh di sana.

Nah, pas udah jadi, aku gak tau gimana cara pakeknya. Sedih gila cui. Gak tahu gimana cara ngepostnya, gak tahu dah pokoknya.

Mungkin ada yg tahu caranya, bisa dishare disini..

Tengkyu ^^

3.08.2015

Teknik Sipil itu Apa sih?



Apa sih yang muncul di benak kalian waktu aku bilang Teknik Sipil?
Beton? Struktur? Jembatan? Gedung-gedung tinggi?

Yap!! Benar sekali!

Aku adalah mahasiswa Teknik Sipil di salah satu Institut di Indonesia. Aku sekarang udah semester 4. Disini aku ingin memperluas pandangan kalian Teknik Sipil.

Waktu aku masih SMA aku juga berpikiran seperti itu. Suatu saat ketika aku kuliah di Teknik Sipil aku akan mempelajari semua hal yang berbau-bau tentang beton, struktur, jembatan, gedung-gedung tinggi.

Masuk semester 1, memang yang dipelajari seperti itu. Kita mulai menghitung struktur yang sederhana sampai rangka batang yang butuh ketelitian, nama mata kuliahnya Mekanika Teknik Statis Tertentu.

Ada juga mata kuliah Menggambar Bangunan Sipil. Nah, yang suka menggambar, manfaatkan kesukaanmu disini.

Terus juga ada mata kuliah Pemrograman dan Aplikasi Komputer. Disana kita diajari untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperingan pekerjaan kita sebagai orang sipil, contoh yang simpel aja, Microsoft Excel. Banyak fitur-fitur di Microsoft Excel yang bisa bisa bantu kita nantinya. Selain itu ada mata kuliah umum seperti, Kalkulus, Fisika Dasar dan Bahasa Inggris.

Sampai pada semester kedua. Nah disini nih aku agak kaget sama mata kuliahnya. Maklum ya, aku males baca kurikulum soalnya. Hehe

Selain mata kuliah lanjutan dari semester 1, di semester ini ada mata kuliah namanya Rekayasa Lalu Lintas atau sering juga disebut Traffic Engineering. Nah kaget juga tuh kok Teknik Sipil diajari lalu lintas ya?

Jadi mungkin buat kalian yang belum tahu, yang merancang jalan raya, pelabuhan, bandara, kereta api, itu adalah orang sipil juga. Jadi orang sipil gak cuma bangun jembatan sama gedung tinggi aja.

Di semester tiga ada mata kuliah Struktur Beton. Nah, buat kalian-kalian yang minat banget sama beton, sama struktur, ini mata kuliah cocok buat kalian. Gimana cara merencanakan kolom, balok, pelat yang baik, yang sesuai SNI, yang tahan gempa, dipelajari semua disini.

Ada juga mata kuliah Mekanika Fluida. Nah disini kita main air nih, gak urusan sama beton mulu. Yang pinter fisika, manfaatkan kelebihanmu disini. Banyak itungan fisika kepakek disini, tapi itungannya gak seribet pas di SMA kok, tenang aja. Jadi di mata kuliah ini, kita nantinya diajari untuk merencanakan saluran irigasi gitu. Di semester semester selanjutnya nanti dilanjutkan ke mata kuliah Teknik Irigasi dan Drainase, ada juga Perencanaan Bangunan Air.

Ada juga mata kuliah Studi Kelayakan Finansial Proyek. Disini kita diajari manajemen nih. Kita diajari mengukur rencana suatu proyek itu layak atau tidak, bisa diwujudkan atau tidak.

Di semester 4, lanjutan dari Mekanika Teknik ada Mekanika Teknik Terapan. Jadi untuk mata kuliah Mekanika Teknik ini, hampir disetiap semester ada yaa.. Soalnya ini tuh mata kuliah yang penting banget buat orang sipil. Di mata kuliah Mekanika Teknik Terapan ini, kita diajari untuk menggunakan program bantuan untuk menghitung struktur. Karena strukturnya semakin rumit dan akan semakin kesulitan kita kalau cuma pakai cara manual.

Ada Struktur Beton 2, lanjutan dari Struktur Beton sebelumnya. Ada Struktur Baja juga. Mata kuliah ini ngitung struktur baja deh pokoknya.

Terus Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek Konstruksi. Disini kita diajari manajemen lagi. Kita ngitung biaya yang diperlukan buat suatu proyek, nyusun jadwal juga biar proyeknya bisa selesai tepat waktu.

Geometrik Jalan Raya dan Rel, lanjutan dari Rekayasa Lalu Lintas. Terus Hidrologi, sambungannya Mekanika Fluida.

Nah, ada juga Mekanika Tanah dan Pondasi. Disini kita mempelajari tentang daya dukung tanah, pemampatan tanah, dan yang berbau bau tanah. Nentuin pondasi yang sesuai juga. Ada pondasi dalam, pondasi dangkal.

Semester selanjutnya, karena aku sendiri juga belum mengalami, jadi belum banyak juga yang aku pelajari, aku sajikan sebagai overview aja yaa..

Mata kuliah di semester atas sih kebanyakan lanjutan dari semester-semester sebelumnya yaa. Mempelajari lebih lanjut tentang bangunan air dan irigasi, struktur beton, struktur baja, timbunan dan konstruksi penahan tanah.

Nanti ada juga mata kuliah Perencanaan Bandara, Perencanaan Pelabuhan, Perencanaan Perkerasan Jalan dan masih banyak lagi.

Di tulisan ini pokoknya aku ingin menjelaskan tentang seluk beluk sipil, walaupun apa yang aku tahu baru secuil aja, tapi aku tetap ingin berbagi dengan kalian. Ini lho apa aja yang dipelajari di Teknik Sipil itu. Terus juga mungkin kalo orang tua kalian bertanya, "Masuk Teknik Sipil nantinya jadi apa?". Nantinya kalian bisa jadi Ahli Struktur, Ahli Beton, Ahli Transportasi, Ahli Keairan. Nah, katanya ahli keairan ini masih jarang di Indonesia. Jadi kalian punya kesempatan lebih besar disini. Teknik Sipil gak cuma bisa jadi kontraktor aja yaaa...

Demikian tadi sedikit ulasan tentang Teknik Sipil, semoga bermanfaat untuk kalian semua..


Oh ya, aku mau menyampaikan satu quote dari Chetan Bhagat, penulis dari India.

"When you fly high, people will throw stones at you.
Don't look down. Just Fly Higher.
So the stones won't reach you."



Good Night Morning all.....
Have a good day ^_^