4.23.2014

Be Different




Kemarin tuh ada satu kejadian di kampus yang bikin aku inget sama judul diatas 'BE DIFFERENT'.

Kalian semua tahu dong kalau Tuhan itu menciptakan makhluk dengan amat sangat beragam. Menciptakan manusia dengan berbagai ragamnya. Dari fisik udah terlihat banget. Dari mulai yang paling pendek sampai tinggi. Dari yang hitam sampai putih. Dari yang rambut lurus sampai rambut keriting. Dari mata sipit sampai mata lebar, dan masih banyak lagi. Dan itu masih fisik. Belum jalan pikiran mereka. Iya kan?

Ada juga studi yang mengatakan kalau sidik jari manusia itu tidak ada yang sama. Dari situ kan sudah membuktikan kalau memang Tuhan itu ingin meciptakan manusia dengan keistimewaannya masing-masing. Iya kan?


Tapi tanpa kalian sadari, sekarang banyak sekali mereka-mereka yang ingin menyeragamkan kita, membuat kita seragam.

Dulu waktu masih SMA aku berpikir, apa salahnya kita jadi seragam. Bukannya itu akan lebih memudahkan sistem?

Tapi sekarang aku sadar kalau aku salah jika berpikir seperti itu.

Ada satu waktu pas di kampus. Kita ada kumpul-kumpul sama mahasiswa lain. Ada seorang mahasiswa yang mengatakan begini, 'Nah, mumpung sekarang kita kumpul disini, mari kita samakan pikiran kita...........' dan bla bla bla aku lupa. Tapi itu yang paling aku inget. Dan aku bener-bener gak setuju saat dia berkata seperti itu. Sejujurnya aku mau protes saat itu, tapi ternyata aku ada urusan lain yang mendesak dan mengharuskan aku untuk meninggalkan acara kumpul-kumpul itu tadi.

Entah kenapa dari sana aku mulai berpikir kalau isu-isu yang aku dengar tentang pihak-pihak yang ingin menyeragamkan manusia itu bener-bener terjadi gitu.


Apa pikiran pihak-pihak yang aku maksud tadi itu sama dengan apa yang aku pikirkan saat masih SMA? Supaya lebih memudahkan sistem. Supaya lebih gampang mengatur orang-orang karena jalan pikiran mereka sama. Supaya memudahkan pihak-pihak tertentu untuk menguasai dunia, menghancurkan peradapan umat manusia? (sori kalau rada alay bahasanya)

Coba kalian bayangkan jika semua orang berpikiran sama.

Jika jalan pikiran Newton sama dengan orang lain. Jika Newton berpikir kalau apel yang jatuh dari pohon kenapa selalu ke tanah itu wajar-wajar saja, tidak terpikirkan hal-hal yang menyebabkan apel itu jatuh ke tanah, mungkin orang gak akan pernah tahu apa itu yang namanya gravitasi.

Seandainya Nelson Mandela berpikiran sama dengan orang lain, jika Nelson Mandela tidak pernah berpikir untuk memerangi politik Apartheid, apa yang terjadi pada rakyat Afrika?

Jika saat tanggal 16 Agustus 1945, golongan muda berpikiran sama dengan golongan tua, mungkinkah terjadi proklamasi di tanggal 17 Agustus 1945?

Jika Thomas Alfa Edison berpikiran sama seperti orang lain, mungkinkan kalian akan mengetahui yang namanya bola lampu?

Jika Mahatma Gandhi berpikiran sama dengan orang lain, apa yang terjadi dengan India?

Dan itu masih lagi contoh-contohnya.

Betapa keberagaman itu banyak menciptakan hal-hal yang indah di dunia ini. Betapa keberagaman itu menyenangkan.

Kalau kalian sering memperhatikan, banyak orang-orang yang mengatakan jadilah yang berbeda, be different!, apa kalian pikirkan? Karena orang cenderung untuk berpikir seragam.

Ada quote dari Coco Chanel, 'In order to be irreplaceable, one must always be different'.




Jadilah berbeda karena dengan berbeda kalian akan menjadi tak tergantikan.
Jadilah berbeda maka kalian akan selalu dikenang.
Jadilah berbeda karena Tuhan menciptakan kalian itu spesial.
Jadilah berbeda karena perbedaan itu indah, teman :)


Be Different, friends! :)

Hope you enjoy your life :D

0 comments:

Post a Comment