4.27.2017

Edx (Kuliah Online)


Kali ini aku gak nulis soal review film. Tapi aku mau bagi-bagi info tentang kuliah online.

Jadi aku dikasih tahu salah satu temanku tentang satu web untuk kuliah online. Karena aku penasaran, jadi beberapa minggu yang lalu aku mulai explore web ini.

Alamat web nya: www.edx.org

Edx ini merupakan salah satu situs kuliah online terbesar di dunia. Ada banyak universitas dan institusi yang terlibat disini. Dan gak tanggung-tanggung loh universitasnya. Harvard University, MIT, RWTH Aachen University, TU Delft, Sorbonne University, Queensland University, dari Microsoft juga ada, dan banyak banget yang lainnya. (kalau dari Indonesia masih belum ada kayaknya)

Pertama-tama, registrasi dulu dong. Tenang aja, gratis kok. Setelah itu kita bisa find courses sesuai yang kita inginkan. Ada banyak banget topik yang disediakan disini. Mulai dari engineering, law, education, history, music, medicine, design, TOEFL/EILTS preparation, sampai tentang leadership pun juga ada. Dan masih banyak banget topik yang lainnya.

Nanti di detail course nya, bakal disebutkan course nya sedang berjalan atau akan dimulai tanggal berapa. Terus ada waktu corsenya (biasanya dalam minggu). Terus tiap minggu nya itu berapa jam.


Gambar diatas itu salah satu contoh detil dari course-nya. (Aku lagi ikutan course itu sekarang ^_^)

Kalau jadwal padat? gak usah khawatir. Di edx ada kategori namanya self-paced. Jadi course nya bisa disesuaikan dengan waktu yang kita punya.

Edx juga bisa di download di playstore kok. Jadi gak harus melulu dari PC. Dari HP pun juga bisa.

Internet gak lancar? Gak usah bingung. Materi dan video yang ada di edx bisa di download. Jadi bisa dilihat lagi nanti kalo udah gak ada koneksi internet.

Edx juga menawarkan sertifikat yang menunjukkan kalau kita pernah ambil course di edx dan juga institusi mana yang menyelenggarakan course tersebut. Kan keren tuh kalau punya sertifikat yang nunjukin kalo pernah ambil course di Harvard misalnya.. Hehe. Tapi kalau mau dapat sertifikat harus bayar yaa. Biaya sertifikat tiap course beda-beda. Antara $40 - $100. Convert sendiri yaa kalo ke rupiah berapa. Ini salah satu contoh sertifikatnya:


Untuk pilih yang pakek sertifikat ini ada batas waktunya yaa. Jadi waktu kita ambil course, nanti ada pilihan disitu, mau yang gratis apa yang pakek sertifikat. Ketika kita udah milih yang gratis, dan tiba-tiba kita punya uang untuk yang pakek sertifikat, course nya bisa di upgrade istilahnya, kita bisa pilih yang ada sertifikatnya, tapi selama tidak melebihi batas waktunya yaa. Untuk prosedur selanjutnya untuk pembayaran dan lain-lain, aku masih kurang tau. Karena aku belum pernah pilih course pakek sertifikat.

Gak ada duit? gak masalah. Ambil yang gratis aja. Kita tetap bisa akses semua video dan materi yang disediakan kok. Tapi gak dapat sertifikat yaa.. Kita tetap dapat ilmu yang (semoga) bermanfaat.

Sebagian besar course, bahasa pengantarnya pakai Bahasa Inggris. Ada beberapa yang pakai bahasa mandarin, spanyol, dll. Bahasa Indonesia belum ada juga sepertinya. Jadi disini kita bisa mengasah Bahasa Inggris juga.

Ketika kita ambil course, jadinya itu ya kayak kuliah beneran gitu. Ada materi, kita dikasih tugas, ada diskusi, ngerjain soal-soal juga. Asik lah pokoknya.

Nah, sekian info dari saya. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Thanks. :)

0 comments:

Post a Comment