6.10.2014

Nasib Anak Perantauan


 



Oke, aku ngaku kok kalo judulnya emang rada alay dibandingin sama keadaanku yang sebenarnya. Sengaja memang dibuat kayak gitu biar keren :P

Aku asli anak Jombang. Tahu Jombang dong... Sering banget loh Jombang masuk tivi, dulu mulai dari Ryan si jagal, terus ada Ponari and the Sorcerer's Stone (batu ajaibnya si Ponari maksudnya), terus tahu dong kalo Presiden ke-4 kita itu asalnya dari Jombang juga, terus yg terakhir kemarin Eyang Subur juga dari Jombang.

Sedikit cerita dulu ya soal kotaku tercinta ini :)


Gambar di atas itu namanya Ringin Contong, bisa dibilang sebagai ikonnya kota Jombang, teman. Kalo kata tetangga2 sebelah rumah sih, Jombang itu kota paling strategis. Gak deket2 sama laut gak deket2 sama gunung berapi juga. Jadi insyaallah gak deket2 sama bencana juga.

Kalo teman2ku yang dari luar Jawa atau luar Jawa Timur sering nanya, di Jombang tempat wisatanya ada apa aja? Nah, kalo udah ditanya kayak gini, aku jadi bingung jawabnya. Jombang gak kayak Malang atau Batu yang punya sejuta tempat wisata, di Jombang yang ada ya wisata religi ke makamnya Gus Dur. Kalo mau ke tempat yang dingin2 yang sejuk2 bisa jalan2 ke Wonosalam. Terus apa lagi ya? Ya sudahlah pokoknya itu.

Sekedar info juga buat kalian, Jombang itu dapat julukan Kota Santri lhooo... soalnya banyak pondok pesantren yang lumayan besar disana, walaupun gak sebesar Ponpes kayak di Gontor yaa... Yang banyak dikenal itu Ponpes Darul 'Ulum di Peterongan, Jombang. Mau gak mau ya harus mengakui kalo gak semua orang disana itu ya santri gitu. Tapi bisa dibilang mayoritas lah yang santri :)


Nah, itu tadi sedikit cerita soal kotaku tercinta.

Kalian pada tahu juga dong kalo sekarang aku kuliah di ITS Surabaya. Nah, itu alasannya aku nulis ini. Ceritanya aku jadi anak perantauan sekarang. Oke, lebay (padahal dari Jombang-Surabaya naik motor paling lama juga 3 jam udah sampek). Yah, apapun itu, sekarang aku kan tinggal sendiri di kota orang. Berjuang mencari ilmu. Namanya apa lagi coba kalo bukan merantau.

Waktu dulu awal2 mau kuliah udah ngerencanain, kalo bisa tiap hari Jumat pulang ke Jombang, terus balik Surabaya hari Minggu sore. Yah, yang namanya rencana kalo enggak di-acc sama Tuhan ya gak kelaksana. Jujur aja ya, selama kuliah di Surabaya gak pernah itu aku bisa pulang seminggu sekali. Paling minimal itu juga 2 minggu.


Jujur aja sekarang homesick banget. Udah dua bulan aku gak bisa pulang. Ya mohon dimaklumilah, buat anak rumahan kayak aku yang (dulu) gak pernah keluar malem harus ninggalin rumah, pergi ke kota orang, hidup sendiri, ya wajar kalo kangen rumah. Ditambah akhir2 ini terlalu banyak masalah yang membebani.

Kemarin abis chatting-an sama teman, dan ngetiknya sambil nangis gara2 saking beratnya masalah dan saking pengennya pulang. Mau bilang alay lagi? terserah deh.

Pernah ngerasa gak sih, seberat-beratnya masalah kalian, tapi kalo udah sampek rumah, tiduran di kasur sambil kipas2 gitu, rasanya beban itu langsung keangkat gitu. Nah, karena aku lama gak bisa pulang, beban di pundak, di otak, sampek beban di hati pun akhirnya jadi numpuk. Ya akibatnya gitu terusan, tengah malem chatting-an sambil nangis.

Mau gak mau sekarang ya jadi ngebayangin teman2 yang rumahnya malah jauh lebih jauh dari aku. Yang dari luar Jawa Timur, luar Jawa, bahkan yang dari luar negeri. Salut banget sama mereka. Mereka malah gak bisa pulangnya lebih lama dari aku. Tapi mereka tetap bisa bertahan disini. Yang dari Bandung, Jakarta, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, bahkan satu teman yang dari Angola.

Bayangin gimana perasaan mereka. Kalo mau pulang harus nunggu libur lama dulu, pesen tiket jauh2 hari, kalo gak kebagaian rencana pulang harus ditunda. Terus memikirkan diri sendiri. Mau pulang tinggal hubungi Mas, naik motor, 2 jam udah nyampek.

Teman2ku itu berarti memang jauh lebih hebat, lebih keren. Tapi kalo emang hidup kita cuma di satu kota itu aja ya gak seru dong, kurang berwarna. Jadi sekarang ambil positifnya, aku bisa jalan2 keliling Surabaya, liat gedung tinggi, lampu kerlap-kerlip di sana-sini, liat banyak taman-taman yang hal-hal kayak gitu gak ada di Jombang.

Tenang, 3 hari lagi insyaallah bisa pulang ke rumah. Semoga urusan2 disini bisa selesai semua, biar gak kepikiran apa2 lagi pas di rumah nanti.

Yuk, semangat kawan!
Sesama perantauan
Bejuang demi masa depan
Membanggakan orang tua tersayang :)

Hope you have awesome friend, like mine :)

See you again
Bye! :)

0 comments:

Post a Comment